Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo bersama Presiden klub Persebaya Azrul Ananda serta perwakilan Bonek saat melakukan pertemuan di medio Agustus lalu. (Persebaya)

Tak Ada Zona Merah di Jatim, BNPB Puji Bonek

Di tengah ketidakpastian liga, Persebaya dan Bonek terus mendapat pujian dalam upaya melawan pandemi. Terbaru, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memuji secara langsung gerakan positif suporter setia Bajol Ijo selama virus Corona mewabah. Doni mengakui gerakan Bonek berpengaruh terhadap turunnya kasus positif Covid-19 di Jawa Timur.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan Bonek di Jatim, yang semula masih banyak yang menolak menggunakan masker, alhamdulilah hari ini Bonek justru menjadi pelopor untuk mengajak masyarakat menggunakan masker dan patuh protokol kesehatan," ungkap Doni dalam konferensi pers online Senin (12/10).

Namun, pria yang berpangkat Letnan Jenderal TNI tersebut juga tetap mengingatkan agar Bonek serta masyarakat di Jatim untuk tidak terlena. Menurut Doni justru momentum penurunan angka positif ini harus dipertahankan dan kalau bisa makin hari makin berkurang hingga mendekati nol.

"Hari ini Jatim sudah selama kurang lebih tiga minggu terakhir sudah tidak ada lagi zona merah dan ini terlihat adanya sebuah kesungguhan yang sangat baik dari seluruh unsur pimpinan di Jatim termasuk didukung tokoh-tokoh masyarakat yang ada termasuk tokoh agama," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19 Nasional, Arief Rosyid menyatakan siap membantu Persebaya dan Bonek untuk melanjutkan perjuangan melawan pandemi. Salah satunya adalah dengan mengusahakan bantuan masker sebagai "amunisi" untuk gerakan Tri Wani.

Menurutnya kegiatan positif seperti yang dilakukan Bonek harus terus mendapatkan perhatian dan support. Karena sebagai komunitas akar rumput, Bonek mampu menyentuh berbagai elemen masyarakat di area Surabaya Raya dan Jawa Timur pada umumnya.

"Meski Jawa Timur sekarang sudah zona oranye, tapi kampanye kesadaran masyarakat tidak boleh kendur. Oleh karena itu BNPB akan terus mendukung kegiatan positif Bonek," beber pria yang juga komisaris salah satu Bank BUMN tersebut.

"Rencananya kami akan datangkan lagi bantuan berupa masker. Kami usahakan untuk secepatnya tiba dan segera bisa dibagikan, mumpung momentumnya ada, jadi harus terus dipertahankan," imbuhnya.

Bonek sendiri masih konsisten kampanye ke masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. Terakhir, gerakan tersebut dilakukan Bonek di kawasan Sidoarjo. Pekan kemarin mereka membagikan masker kepada masyarakat di sekitaran Gelora Delta Sidoarjo.

Jika menarik sedikit ke belakang, gerakan tersebut termasuk dalam Gerakan Satu Juta Masker yang digagas Persebaya dan Bonek pada Agustus lalu. Pada saat itu seluruh elemen Bonek yang tersebar di penjuru Indonesia melakukan kegiatan bagi masker secara serentak. Bahkan saat itu, gerakan Satu Juta Masker juga sempat mendapat apresiasi positif dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (*)

 

BERITA LAINNYA