Koko Ari dirawat oleh tim medis Persebaya ketika menghadapi Persis Rabu (21/12) lalu. (Persebaya)

Rotasi Jadi Opsi

Aji Santoso berusaha keras demi bisa menang melawan Dewa United di pekan ke-17 BRI Liga 1 2022/2023. Salah satu caranya adalah dengan melakukan rotasi pada pertandingan yang akan diselenggarakan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/12) sore. Mengingat waktu recovery Persebaya cukup mepet. 

Bajol Ijo terakhir bermain pada hari Rabu (21/12) lalu. Saat itu Persebaya ditahan imbang tanpa gol oleh tim tamu Persis Solo di stadion Maguwoharjo Sleman.

Hanya berselang dua hari berikutnya, Alwi Slamat dkk harus menghadapi Dewa United. Persebaya juga harus bergeser sejauh 64 kilometer dari Jogjakarta menuju Solo tempat diselenggarakannya pertandingan.

“Kemungkinan besar akan ada rotasi, karena saya melihat dipertandingan ke-16 (lawan Persis) kemarin kita bermain dengan jarak yang padat, pemain memerlukan rotasi,” ujar Pelatih Aji Santoso saat Pre Match Press Conference.

Selain masa recovery yang pendek, mantan pelatih timnas Indonesia tersebut juga dihadapkan dengan beberapa pemain yang cedera. Gelandang Bajol Ijo Alwi Slamat dan bek kanan Koko Ari diragukan untuk tampil. Setelah pada laga melawan Laskar Sambernyawa harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Kedua pemain digantikan oleh Denny Agus dan Arief Catur.

Dengan kondisi tersebut, Aji terus memantau kondisi kedua pemainnya. “Saat recovery training kemarin, mereka latihan sendiri disamping lapangan, begitu juga Koko,” ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

Secara terpisah, Dokter tim Persebaya Ahmad Ridhoi menjelaskan, kondisi cedera Koko Ari tidak terlalu parah. Hasil pemeriksaan pemain berusia 22 tahun itu mengalami cedera hamstring level satu. Dimana kondisi tersebut mewajibkan Koko beristirahat sekitar satu pekan yang lebih dari tiga hari. 

Sementara Alwi Slamat, hanya mengalami benturan dengan pemain lawan. Namun dengan kondisi istirahat yang kurang, tentu berpengaruh pada kebugarannya. Perlu diketahui, Alwi Slamat adalah salah satu pemain yang selalu tampil sebagai starter sejak kompetisi dilanjutkan dengan sistem terpusat.

“Koko Ari mengalami strain grade 1 hamstring kanan, kondisinya sudah membaik namun saran dari kami lebih baik diistirahatkan dahulu,” jelas Ridhoi.

"Begitu juga Alwi, kondisinya sudah pulih. Tapi untuk kemungkinan bermain semua tergantung coach Aji," tandasnya. (*)

 

BERITA LAINNYA