Persebaya akan mulai melanjutkan perjalanan di kompetisi BRI Liga 1 musim 2022/2023 Sabtu nanti (14/1). Menghadapi tim tamu Persikabo, itu akan menjadi laga perdana Bajol Ijo di putaran kedua. Berstatus laga hukuman akibat karena kerusuhan suporter pada September lalu di Sidoarjo, membuat laga pekan ke-18 itu tidak bisa dihadiri penonton.

 Pelatih Persebaya Aji Santoso menegaskan kepada pemain agar tetap fokus memberikan yang terbaik. Laga home tanpa penonton tidak boleh dijadikan alasan untuk tampil loyo. Toh, sepanjang putaran pertama lalu, sejumlah laga juga tanpa penonton imbas Tragedi Kanjuruhan. Pun demikian halnya musim lalu, setahun penuh liga tanpa penonton.

”Memang agak berbeda jika bermain tanpa penonton. Karena yang lain sudah boleh. Tapi saya rasa tidak berpengaruh banyak terhadap persiapan,” kata Aji selepas sesi latihan di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, sore ini (9/1).

Aji percaya Bonek dan seluruh pecinta Persebaya dapat mematuhi hukuman itu. Kepatuhan suporter untuk tidak datangke lokasi pertandingan juga akan membantu fokus tim untuk meraih hasil terbaik.

”Saya kira suporter sudah dewasa. Tidak akan mendekati area stadion karena status pertandingan sudah jelas. Yang terpenting sekarang doa dari Bonek untuk putaran kedua," jelas Aji. "Kami akan berikan yang terbaik untuk suporter yang mendukung dari layar kaca," sambungnya.

Seperti yang diketahui, Persebaya dilarang menggelar pertandingan dengan penonton di kandang setelah menghadapi Rans Nusantara FC pada 15 September lalu. Pada pertandingan yang digelar di stadion Gelora Delta Sidoarjo itu, terjadi pitch invasion setelah wasit meniup peluit panjang. Dikarenakan kekecewaan suporter atas kekalahan yang diterima Persebaya.

Dari kejadian tersebut komisi disiplin PSSI menjatuhkan hukuman lima pertandingan home tanpa penonton. Namun, setelah diajukan banding oleh manajemen, akhirnya Persebaya mendapatkan keringanan menjadi hanya dua pertandingan yang diselenggarakan tanpa penonton.

Saat ini Persebaya sedang melakukan finalisasi proses perizinan stadion mana yang akan digunakan kandang sepanjang putaran kedua. Stadion Gelora Bung Tomo untuk sementara waktu tidak bisa dipakai karena KemenPUPR melakukan renovasi untuk persiapan Piala Dniua U-20 Mei nanti. Stadion Gelora Joko Samudro menjadi salah satu opsi. (*)

 

Populer

Kecewa Hasil Imbang, Tapi Persebaya Akan Terus Maju untuk Lebih Baik
Lepaskan 9 Shoot on Goal, Persebaya Tertahan di Kandang
Sama Kuat di Babak Pertama
Jamu Dewa United di GBT, Persebaya Fokus Raih Tiga Poin
Fokus Game Per Game, Munster Ajak Bonek Penuhi GBT
Gandeng Konsultan Spanyol, Persebaya Future Lab Gelar Workshop Pelatih