Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (lima dari kanan) foto bersama dengan Presiden Persebaya Azrul Ananda dan perwakilan Bonek. (Persebaya)

Harapan Persebaya segera bermain di Stadion Gelora Bung Tomo mendapatkan angin segar. Dalam pertemuan dengan Manajemen Persebaya dan Bonek, Selasa (9/5) siang di balai kota, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan akan mencari jalan agar Bajol Ijo menggelar pertandingan preseason dan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). 

Soal kandang Persebaya memang menjadi bahasan yang cukup hangat di Surabaya dalam beberapa hari terakhir. Itu setelah Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Kadisbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati menyatakan kepada media bahwa kapan GBT bisa digunakan pertandingan sepak bola termasuk Persebaya masih tanda tanya. Belum ada serah terima dari KemenPUPR ke Pemkot terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20 lalu yang batal.

”Kita di sini ingin mencari terobosan, agar Persebaya bisa melakukan pertandingan pre season maupun Liga 1 di GBT,” kata Eri saat membuka diskusi dengan Manajemen Persebaya, Bonek, dan jajaran Pemkot. ”Kebetulan tadi pagi saya ditelp Waketum PSSI (Zainudin Amali), bahwa GBT akan menjadi tuan rumah Timnas Indonesia melawan Palestina pada 14 Juni, saya bilang ke Pak Waketum, kalau timnas bisa, Persebaya juga harus bisa main di GBT,” lanjutnya.

Eri menjelaskan memang ada birokrasi yang harus dituntaskan agar Persebaya bisa bermain di GBT. Sebagai informasi, sejak November lalu ada serah terima GBT dari Pemkot ke KemenPUPR terkait persiapan Piala Dunia U-20. Dan saat ini, posisinya belum ada serah terima ulang.

”Karena itu, Kamis nanti saya bersama Mas Azrul (Azrul Ananda, Dirut Persebaya), akan menghadap KemenPUPR, kami meminta izin untuk Persebaya bisa bermain di GBT,” kata Eri.

Bahwa ada proses jahit rumput sintetis yang belum tuntas, menurut Eri itu bukan satu halangan. Sebab, proses penjahitan bisa dilakukan ketika GBT tidak dipakai. ”Tinggal dicarikan waktu, dan penyesuaian jadwal. Kalau Persebaya tidak bisa pakai GBT, Timnas vs Palestina juga tidak bisa di GBT kan. Saya sudah diskusi dengan Pak Waketum, secara teknis dua-duanya bisa main di GBT,” ucap Eri.

Sinyo Devara yang mewakili koordinator tribun Bonek Persebaya, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Eri. Memang sudah seharusnya Persebaya bermain di GBT. Warga Surabaya sudah sangat lama merindukan menyaksikan Persebaya di GBT setelah setengah tahun lalu harus bermain di Gresik.

”Terima kasih Pak Wali. Persebaya ini kan ikon Surabaya, kalau berprestasi, kan Pak Wali dan warga Kota Pahlawan juga yang akan bangga,” kata Sinyo.

Persebaya akan memulai latihan Rabu besok (10/5) untuk menyongsong Liga 1 2023/2024. Pada 28 Mei rencananya Bajol Ijo akan melakoni uji coba melawan Bali United. Lalu pada 18 Juni akan kembali menjalani partai uji coba di GBT melawan Persija. Di luar jadwal uji coba di GBT, Ze Valente dkk juga akan melakoni uji coba di markas klub lain. (*) 

Populer

Jamu Dewa United di GBT, Persebaya Fokus Raih Tiga Poin
Fokus Game Per Game, Munster Ajak Bonek Penuhi GBT
Gandeng Konsultan Spanyol, Persebaya Future Lab Gelar Workshop Pelatih
Andhika Bukukan 7 Penyelamatan, Persebaya Pun Menang
Munster: Pemain Letih, Tapi Mereka Punya Mental untuk Menang
Persebaya Perpanjang Tren Kemenangan