Slavko Damjanovic saat menghalau bola di daerah pertahanan Bajol Ijo. (Persebaya)

Munster: Pemain Letih, Tapi Mereka Punya Mental untuk Menang

Persebaya berhasil meraih empat kemenangan beruntun. Malam ini, 22 September, Green Force mengalahkan PSBS Biak 1-0 Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Dengan hasil itu, Persebaya memuncaki klasemen dengan lima kali menang, dan sekali seri dalam enam laga Liga 1 2024/ 2025.

Pelatih Persebaya Paul Munster mengapresiasi perjuangan para pemainnya untuk mengejar kemenangan. Gol pada menit ke-16 Flavio Silva, berhasil dipertahankan Persebaya sampai akhir pertandingan. Rapatnya pertahanan yang digalang Slavko Damjanovic, membuat Persebaya membukukan 14 tekel, 22 intersep, dan 19 sapuan. Gawang Andika Ramadhani pun clean sheet.

”Ini pertandingan yang sangat berat, kita main setiap empat hari sekali,” kata Paul Munster dalam sesi konferensi pers. ”Tidak ada waktu latihan sama sekali, setelah main recovery, traveling, official training, tanding. Situasi itu tidak terjadi pada Biak, mereka menjalani tiga laga home beruntun. Kami bisa menang karena pemain memiliki keyakinan dan mentalitas untuk menang,” lanjutnya.

Soal strategi, di mana pada babak kedua lebih banyak bertahan, Munster menyatakan hal itu memang sudah direncanakan. Tidak sepenuhnya bertahan, karena Persebaya menciptakan sejumlah peluang emas dari transisi bertahan ke menyerang. Termasuk peluang Flavio yang sudah berhadapan dengan kiper Biak setelah menerima umpan terobosan dari Francisco Rivera. Sayang sontekannya sedikit melebar.

”Kami memiliki 3-4 kali peluang emas untuk kill the game, namun tidak tercipta. Situasi sangat sulit bagi kami, pemain letih, lapangan jadi terasa berat. Tapi yang terpenting kami menang dan clean sheet,” tegasnya.

Besok pagi, tim Persebaya akan kembali ke Surabaya. Selanjutnya Green Force akan menghadapi tim tamu Dewa United pada Jumat (27/9) mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Waktu recovery sedikit lebih panjang, Bruno Moreira dkk bisa mempersiapkan fisik dan mental lebih baik lagi.

Munster juga mengajak para suporter, Bonek dan Bonita untuk memenuhi stadion saat Persebaya menjamu Dewa United nanti. Kehadiran mereka memenuhi tribun akan menjadi pemain ke-12. (*)

BERITA LAINNYA