Paulinus Apli Kapi melakuakn selebrasi usai mencetak brace ke gawang Madura United U-20. (Persebaya)

Tim junior Persebaya menutup matchday 2 Elite Pro Academy 2024/ 2025 dengan sempurna. Persebaya U-20 yang main paling akhir di Minggu ini, 29 September 2024, menang 5-1 atas Madura United U-20. Dengan demikian, ketiga tim, mulai U-16, U-18, dan U-20, seluruhnya meraih kemenangan dengan masing-masing dua victory.

Pada menit keempat, Persebaya sudah unggul. Pemain Madura United Wildan Faiz salah dalam mengantisipasi datangnya bola, malah masuk ke gawangnya sendiri.

Semenit berselang Madura United U-20 membalas dengan serangan balik cepat. Firli Jauzi menembak bola dari dalam kotak penalti, mengarah ke sisi kanan gawang Persebaya. Skor 1-1.

Sepanjang 45 menit, Persebaya U-20 memiliki sejumlah peluang untuk memimpin. Namun, finishing Dirga Dwi dkk masih belum efektif.

Masuk babak kedua, pelatih Persebaya U-20 Lulut Kistono memasukan sejumlah pemain seperti Alan Mulana dan Salman Alfarisi.

Enam menit berselang, gol kedua tercipta lewat sontekan Paulinus Apli Kapi menit ke-51. Alan Maulana melakukan tusukan ke dalam kotak penalti memberikan umpan cut back ke Paulinus. Linus langsung melesatkan tendangan keras. Persebaya 2-1.

Menit ke-57 Persebaya menambah keunggulan, Dirga Dwi dari sudut sempit di dalam kotak penalti melepaskan tendangan keras tepat mengarah ke pojok gawang. Kiper Madura United tertipu dengan pergerakan bola cepat dan masuk ke gawang. Persebaya 3-1.

Menit ke-66 Paulinus mencetak brace, umpan satu dua dengan Alan di dekat kotak penalti, Linus yang berdiri bebas langsung menendang bola ke gawang. Skor 4-1

Persebaya menutup keunggulan lewat gol Dirga Dwi memanfaatkan bola rebound tendangan bebas Alan. Dari sudut sempit Dirga menempatkan bola ketiang dekat. Persebaya unggul 5-1.

Pelatih Persebaya U-20 Lulut mengungkapkan kunci untuk meraih kemenangan di matchday kedua ini. Yakni tidak terburu-buru dalam pengambilan keputusan. Penyelesaian dengan tenang ia tekankan pada masa jeda babak kedua.

“Mereka saya bilang, jangan terburu-buru, kalau selalu begitu maka penyelesaiannya tidak maksimal. Buktinya di babak kedua gol terjadi,” kata Lulut. “Ini yang menjadi catatan sebelum melakoni laga ketiga nanti melawan PSM Makassar,” sambungnya.

Dengan hasil ini, Persebaya memuncaki klasemen sementara dengan raihan enam poin unggul agregat gol di tempat kedua Bali United U-20. (*)

Populer

Munster Hadir di Pertandingan EPA, Pantau Joker Maupun Pemain Muda
Brace Paulinus dan Dirga Bawa Persebaya U-20 Kalahkan Madura United U-20
Kalahkan Dua Kali Madura United, Persebaya di Puncak
Brace Reyhan Bawa Persebaya Kalahkan Madura United Lagi
Persebaya Menang 5-0 atas Madura United
Comeback dari Ketinggalan Dua Gol, Persebaya Kalahkan Madura United