PERSEBAYA Surabaya pekan ini sedang sibuk-sibuknya menghadapi segera dimulainya Liga 2 2017. Selain sedang memfinalisasi komposisi pemain, manajemen kini sibuk membahas draf jadwal pertandingan. Baik bersama PSSI maupun dengan klub-klub peserta lainnya.
Bukan hanya itu, klub berjuluk Green Force tersebut juga sibuk melayani pertanyaan atau minat sejumlah calon sponsor tambahan. Dirilisnya draf jadwal pertandingan dan jadwal tayangan televisi Liga 2 memang memberikan dampak positif maupun negatif bagi Persebaya.
Positifnya, Persebaya mendapatkan tayangan live di TV One sepuluh kali dan hampir semua saat jam prime time atau malam hari. Di sisi lain, jadwal tayangan itu membuat Persebaya mendapatkan jatah pertandingan home hanya satu kali di akhir pekan. Enam lainnya digelar Rabu dan Kamis malam.
Menanggapi draf jadwal tersebut, Persebaya terus melakukan diskusi dan komunikasi dengan PSSI maupun klub-klub lain di Liga 2. Manajemen mengharapkan tambahan pertandingan home saat akhir pekan.
Kemarin (11/4) Persebaya resmi mengirimkan surat permohonan revisi jadwal pertandingan. "Klub diberi kesempatan untuk mengajukan respons atas draf jadwal. Kami memanfaatkan hal itu untuk mengajukan revisi," kata Candra Wah yudi, direktur tim Persebaya. "Bukan hanya Persebaya, beberapa tim lain juga mengajukan revisi jadwal. Semoga ada solusi terbaik," tambahnya.
Pada saat bersamaan, draf jadwal tersebut juga memberikan dampak tak terduga bagi Persebaya. Banyaknya tayangan televisi membuat sejumlah calon sponsor baru menyatakan minat untuk bergabung.
Apalagi, mereka melihat betapa positifnya dampak yang didapatkan dari peluncuran jersey bermotif "croco" yang dikembangkan sendiri oleh Persebaya. Kemarin, sehari setelah peluncuran jersey, tim sudah sibuk melakukan pembicaraan dengan calon-calon sponsor tersebut.
"Kami benarbenar terkejut dengan respons setelah keluarnya draf jadwal dan peluncuran jersey Persebaya. Walau sudah memfinalisasi kerja sama dengan enam sponsor, ternyata ada beberapa lagi yang menyatakan minat untuk bergabung. Ini benarbenar sesuatu yang di luar dugaan," ungkap Azrul Ananda, presiden klub Persebaya.
Dalam Press Conference Jersey Persebaya 2017 Senin malam lalu (10/4), Persebaya memang sudah mengumumkan enam partner. Mereka adalah Kapal Api, Antangin, Honda Surabaya Center, MPM Distributor Honda, Proteam, dan Ardiles.
"Bukan tidak mungkin, sebelum Liga 2 dimulai atau saat liga berlangsung, akan ada tambahan partner untuk mendukung upaya Persebaya meraih hasil lebih baik tahun ini," tegas Azrul. (io/c9/ca)