Randy Hanson Christian May dalam sesi latihan game. (Persebaya)

Tekad Randy di Kesempatan Kedua Tampil di Liga 1

Randy Hanson Christian May berhasil menembus skuad utama Persebaya untuk Liga 1 2024/2025. Paul Munster dan tim pelatih Persebaya memberikan penilaian baik pemain berusia 23 tahun asal Sentani, Papua tersebut. Diturunkan dua kali dalam uji coba melawan Persibo dan Tim PON Jatim, pemain dengan tinggi 183 cm itu tangguh mengawal pertahanan Persebaya.

Kepada tim media Persebaya, Randy mengisahkan perjalanan bersama Persebaya musim ini adalah kesempatan keduanya di Liga 1. Kesempatan yang mungkin tidak akan datang lagi, jika ia tidak memaksimalkan peluang ini dengan baik.

Sejak di Balikpapan saya bertekad untuk kembali menembus Liga 1. Puji Tuhan, saya lolos trial Persebaya. Tentu saja, akan berjuang keras untuk memaksimalkan kesempatan ini. Bermain sebaik mungkin untuk Persebaya,” kata Randy.

Randy yang berdarah Papua-Ternate mengawali karir di SSB Orion Sentani. Dari sana, ia masuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PLPP) Papua tahun 2017.

Pada 2018, ia direkrut oleh Persewar Waropen. Randy yang berposisi sebagai centre back turut membawa Persewar promosi ke Liga 2. Berkat penampilannya yang gemilang, ia pun masuk Tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Di Tim PON Papua, Randy berhasil meraih emas pada PON XX di Jawa Barat. Pada Partai final, Papua mengalahkan Aceh skor 2-0.

"Soal iklim sepak bola di Surabaya, saya tidak ada masalah. Sejak awal saya sudah dilatih untuk kerja keras, berjuang hingga akhir," kata Randy.

Randy mendapatkan kesempatan pertama bermain di Liga 1 pada 2022. Ia direkrut Dewa United. Di sana, ia tidak banyak mendapatkan menit bermain. Sehingga dipinjamkan ke Karo United. pada 2023, ia kembali ganti klub, pindah ke Persiba Balikpapan yang berlaga di Liga 2.

”Untuk persiapan Liga 1 memang berbeda dari Liga 2, mengasah mental menjadi fokus saya," ucapnya.

Ketika di Persiba musim lalu, Randy berduet dengan centee back senior M. Roby. Ia mencatatkan 11 penampilan, dengan 26 tekel, 38 intersep, dan 29 sapuan.

Keluarga besarnya di Sentani ikut bahagia Randy bisa menembus tim utama Persebaya. Mereka pun memberikan dukungan penuh, juga berpesan agar Randy menjaga diri baik-baik. Memaanfaatkan peluang emas dengan sebaik-baiknya.

Saya sangat senang, keluarga dan teman ikut bangga. Banyak ucapan maupun nasehat dari mereka. Semoga raihan emas di level junior bisa saya lanjutkan di Persebaya," tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA