Pelatih Persebaya U-16 Mat Halil memberikan instruksi kepada para pemain internal. (Persebaya)

Persebaya Future Lab Gelar Assessment Pelatih Elite Youth

Persebaya Future Lab akan menyelenggarakan event pertama Jumat besok (12/7). Departemen yang baru dibentuk Persebaya untuk pengembangan sepak bola usia muda dan inovasi itu menggelar assessment alias penilaian pelatih. Pelatih-pelatih terpilih nantinya akan ditugaskan untuk melatih tim-tim Elite Youth Persebaya.

”Untuk pembinaan elite youth yang maksimal, tentu saja dibutuhkan pelatih yang kompeten,” kata Ganesha Putera, kepala Persebaya Future Lab. ”Pelatih ini pula, yang dibantu departemen analisa, nantinya ditugaskan untuk melakukan seleksi dalam Persebaya Talent Audition pada 26-28 Juli,” lanjutnya.

Pelatih-pelatih yang ikut assessment seluruhnya berasal dari Klub Internal Persebaya yang berjumlah 20 klub. Total, ada 39 pelatih yang ikut assessment. Mereka memiliki lisensi mulai D sampai A.

”Elite Youth Persebaya membagi jenjang staf pelatihnya menjadi Pelatih Elite Youth Utama, Pelatih Elite Youth Madya, dan Pelatih Elite Youth Pratama,” ungkap Ganesha. ”Utama minimal berlisensi B, Madya minimal C, dan Pratama minimal D,” imbuhnya.

Yang dinilai dalam proses assessment adalah kompetensi teknis, kemampuan penunjang diantaranya penguasaan teknologi informasi, bahasa asing, dan pemahaman akan sport science.

”Assessment akan dilakukan melalui ujian teori, interview, dan focus group discussion,” papar Ganesha.

Investasi Persebaya dalam pembinaan di antaranya adalah menyekolahkan pelatih. Setiap tahun, ada beberapa pelatih Klub Internal yang diikutkan lisensi kepelatihan, mulai D, C, B, sampai A. Nah, assessment pelatih yang akan dilakukan besok diharapkan bisa memaksimalkan pelatih-pelatih yang disekolahkan tersebut.

Output-nya tentu saja pelatih bisa membantu Persebaya menelurkan bintang-bintang masa depan,” tutup Ganesha.

Elite Youth Persebaya adalah kelompok pesepak bola muda elite yang nantinya akan mengisi skuad tim Persebaya yang diterjunkan ke kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Baik kategori U-16, U-18, dan U-20. Kompetisi EPA musim ini rencananya akan diselenggarakan pada akhir September atau awal Oktober. (*)

BERITA LAINNYA