Kepala Persebaya Future Lab Ganesha Putera (tiga dari kanan) bersama jajaran pelatih Persebaya U-16, U-18, U-20 saat melakukan focus group discussion. (Persebaya)

Persebaya Future Lab menuntaskan assessment pelatih Elite Youth hari ini (12/7). Sebanyak 39 pelatih mengikuti proses penilaian di Kantor Marketing Persebaya di Surabaya Town Square (Sutos). Assessment dipimpin langsung oleh Kepala Persebaya Future Lab Ganesha Putera.

”Kami mengapresiasi teman-teman pelatih yang ikut assessment,” kata Ganesha. ”Banyak potensi pelatih muda yang punya kegigihan untuk mau menjadi pelatih yang lebih baik di masa mendatang,” lanjutnya.

Assessment dilakukan dengan ujian teori, interview, dan focus group discussion. Yang dinilai di antaranya adalah kompetensi teknis, plus kemampuan penunjang yang mencakup penguasaan teknologi informasi, bahasa asing, dan pemahaman akan sport science.

Pelatih yang ikut assessment seluruhnya berasal dari Klub Internal Persebaya yang berjumlah 20 klub. Dari total 39 pelatih yang ikut assessment, ada memiliki lisensi mulai D sampai A. Elite Youth Persebaya membagi jenjang staf pelatih menjadi Elite Youth Utama, Elite Youth Madya, dan Elite Youth Pratama.

Kepala Persebaya Future Lab Ganesha Putera berfoto bersama dengan pelatih klub internal Persebaya. (Persebaya)

Elite Youth Persebaya adalah kelompok pesepak bola muda elite yang nantinya akan mengisi skuad tim Persebaya yang diterjunkan ke kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Baik kategori U-16, U-18, dan U-20. Kompetisi EPA musim ini rencananya akan diselenggarakan pada akhir September atau awal Oktober.

”Hasil assessment akan kami godok lebih dulu, baru nanti diumumkan siapa saja pelatih yang lolos untuk menangani Elite Youth Persebaya,” ucap Ganesha.

Pelatih yang lolos assessment nantinya akan ditugaskan dalam Talent Audition yang akan diselenggarakan pada 26-28 Juli nanti. Audisi itu adalah pathway untuk menjadi pemain tim utama Persebaya seperti yang dulu dilakukan Ernando Ari, Andhika Ramadhani, Marselino Ferdinan, Tony Firmansyah, maupun pemain-pemain lain.

Dalam kesehariannya, seluruh pemain yang masuk elite youth akan menjalani program latihan dan evaluasi dengan kurikulum yang sudah disusun Persebaya Future Lab, departemen baru di Persebaya yang membidani pembinaan elite youth, grass root, dan inovasi-inovasi lain di dunia sepak bola. (*)

Populer

Malik Bersyukur Cetak Gol dalam Debut Liga 1 di GBT
Munster: Pertandingan yang Sulit, Namun Pemain Terus Berjuang dan Menang
Brace Malik Bawa Persebaya Raih Tiga Poin
Tandukan Rossi Bikin Persebaya Tertinggal
Tekad Persebaya Clean Sheet dan Raih Tiga Poin
Tambahan Sanksi Komdis, Andre Absen Tiga Laga