Skuad Persebaya U-20 yang berkompetisi di Elite Pro Academy musim 2023/2024 lalu. (Persebaya)

Gandeng Unair, Jalankan Functional Movement Screening Pemain Junior

Para pemain muda yang musim lalu tergabung dalam tim Persebaya di ajang Elite Pro Academy (EPA) maupun Piala Soeratin diwajibkan menjalani Functional Movement Screening (FMS). Tes ini dilakukan di Hope Phisiotherapy yang ada di DBL Academy Pakuwon City Mall pada hari Minggu besok, 14 Juli 2024.

FMS adalah tes mengukur tujuh gerakan dasar. Hasil tes ini bisa memberikan gambaran rencana pengembangan gerakan untuk masing-masing individu yang dites. Tesnya mencakup squatting, stepping, lunging, reaching, leg raising, push up, dan rotary stability.

”Kami bekerja sama dengan Hope Phisiotherapy yang memiliki fasilitas lengkap untuk FMS. Kami juga menggandeng Departemen Kedokteran Fisik & Rehabilitasi RSUD Dr. Soetomo-FK Unair,” kata Ganesha Putera, Kepala Persebaya Future Lab.

Seluruh pemain yang ikut EPA dan Piala Soeratin musim lalu akan diikutkan FMS besok. Mulai U-15, U-16, U-17, U-18, dan U-20. Hasil tes ini akan menjadi pijakan tim pelatih dari Persebaya Future Lab untuk menyusun tim Elite Youth Persebaya musim depan.

Nantinya, dari pemain-pemain junior Persebaya musim lalu, yang dinilai layak untuk terus memperkuat tim musim depan, akan digabungkan dengan pemain yang lolos Talent Audition yang akan diselenggarakan pada 26-28 Juli mendatang.

”FMS akan diselenggarakan mulai besok pagi pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Karena jumlahnya lumayan banyak, sekitar 150 pemain, akan dilakukan secara bergelombang sesuai kelompok usia masing-masing,” papar Ganesha.

Persebaya Future Lab, departemen baru di Persebaya yang bertugas melakukan pengembangan sepak bola usia dini, juga inovasi lain, terus melakukan persiapan menyongsong bergulirnya kompetisi kelompok umur. Baik EPA maupun Piala Soeratin.

Sebelum FMS, lebih dulu dilakukan assessment untuk tim pelatih dari Internal Persebaya pada Jumat lalu. Assessment itu diikuti 39 pelatih, yang terbaik akan ditugaskan untuk masuk dalam tim kepelatihan Elite Youth Persebaya yang terbagi dalam kelompok Utama, Madya, dan Pratama.

FMS untuk pemain EPA dan Soeratin adalah step selanjutnya untuk persiapan tim junior Bajol Ijo. Selanjutnya Talent Audition pada 26-28 Juli mendatang, yang pendaftarannya akan dilakukan pada 15-24 Juli. (*)

BERITA LAINNYA