Peserta Persebaya Talent Audition U-16 berfoto bersama usai menjalani sesi game. (Persebaya)

360 Peserta dari 44 Kota Mulai Seleksi Persebaya Future Lab Talent Audition 2024

Ratusan anak dari banyak kota-kota di tanah air hadir di Stadion Kodam V Brawijaya hari ini, Jumat, 26 Juli 2024. Mereka mengikuti Persebaya Future Lab Talent Audition, ajang pencarian bakat pemain junior untuk tim elite youth tim berjuluk Green Force tersebut. Ada lima kategori, U-12, U-14, U-16, U-18, U-20 yang diseleksi.

Dalam hari pertama ini, para pemain muda dibagi dalam beberapa tim kecil sesuai kelompok usia masing-masing. Mereka kemudian masuk ke setiap station, mulai 1 v 1, rondo, 6 v 6, dan station lainnya. Setiap station dipandu oleh pelatih yang sebelumnya sudah dijaring oleh Persebaya.

“Antuasiasnya luar biasa, hari ini kita mulai melakukan proses untuk menemukan calon bintang masa depan sepak bola Surabaya dan Indonesia,” kata kepala Persebaya Future Lab Ganesha Putera.

Peserta Talent Audition saat diberikan arahan oleh pelatih. (Persebaya)

Talent Audition akan berlangsung selama tiga hari. Hari ini sampai Minggu (28/7). Pemain yang lolos seleksi, akan masuk dalam elite youth Persebaya, Mereka di sana akan dilatih dengan kurikulum yang sudah disusun departemen Persebaya Future Lab. Dari seluruh elite youth Persebaya tersebut, nantinya akan dipilih yang terbaik untuk masuk tim yang diterjunkan ke Elite Pro Academy (EPA), maupun kejuaraan kelompok umur di bawahnya.

“Karena kita ingin kualitas, tidak hanya satu acara saja. Pemain yang mengikuti ini juga benar-benar mendapat pengalaman, mereka berinteraksi dengan kawan-kawan baru, dengan satu ekosistem kompetitif yang baru,” ujar Ganesha.

CEO Persebaya Azrul Ananda dan Kajasdam V/Brawijaya Letkol Inf Yudhi Rianto Ratu (tiga dari kanan) menyaksikan peserta Talent Audition. (Persebaya) 

Sementara itu, Kajasdam V/Brawijaya Letkol Inf Yudhi Rianto Ratu mengapresiasi langkah Persebaya untuk menggaet potensi pemain-pemain muda di Surabaya agar bisa berkontribusi di sepak bola Surabaya khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Sangat antuasias dan senang bisa terlibat dengan adanya Persebaya Talent Audition ini.  Sangat mendukung karena konsep yang sangat bagus untuk Persebaya kedepannya, mereka harus bersinar setelah lolos seleksi ini,” tandasnya.

Talent Audition diikuti 360 peserta. Tidak hanya Surabaya, peserta juga ada yang datang dari Jambi dan Denpasar. Dari Jawa Timur saja, ada peserta dari 34 kabupaten/kota. Total, jika dihitung termasuk peserta dari luar Jatim, Talent Audition edisi perdana ini diikuti oleh peserta dari 44 kabupaten/kota. (*)

BERITA LAINNYA