Alfan Suaib (kiri) berduel mempertahankan bola dengan pemain PSS Sleman, Abduh Lestaluhu. (Persebaya)

Debut Starter dan Main Impresif, Alfan Ingin Lebih Baik Lagi

Stay hungry, stay foolish. Demikian kata mendiang Steve Jobs. Demikian pula sikap dan keyakinan Alfan Suaib. Pemain berusia 20 tahun itu, menegaskan tidak akan pernah puas dengan penampilannya saat ini. Akan berjuang lebih keras lagi, agar lebih baik lagi.

Alfan sebenarnya adalah pemain Elite Pro Academy (EPA) U-20. Musim lalu dia masih bermain di kategori itu. Namun, karena penampilannya yang impresif, pemain 19 tahun itu dipromosikan ke tim senior. Pemain di EPA U-20 bisa bermain dengan sistem yoyo, naik dan turun, main di tim senior, namun juga bisa main di EPA U-20.

Tentu itu satu catatan yang luar biasa. Masih sangat muda namun berkesempatan membela tim senior Persebaya. Musim lalu, Alfan bermain beberapa kali sebagai pengganti.

Nah, baru laga melawan PSS Sleman kemarin, Alfan diturunkan sebagai starter. Kesempatan itu ia dapatkan karena pilihan pertama di posisi winger kanan, Malik Risaldi, mengalami cedera saat uji coba melawan Persik.

Alfan Suaib dalam sesi recovery training di Stadion Gelora 10 Nopember pada Senin, 12 Agustus 2024. (Persebaya)

Kesempatan itu dimaksimalkan Alfan dengan baik. Bermain sepanjang 45 menit, ia benar-benar merepotkan barisan pertahanan PSS. Komentator di Indosiar yang menayangkan langsung laga, beberapa kali memberikan pujian khusus pada pemain kelahiran Ternate itu. Pun Bonek dan Bonita, banyak memberikan pujian kepada Alfan melalui sosial media resmi klub.

”Alhamdulillah keluarga di rumah semua nonton waktu saya masuk lapangan sebagai starter Saya tidak akan berpuas di sini, karena pertandingan kemarin masih belum puas," jelas Alfan. ”Masih banyak yang harus saya perbaiki, dan saya akan berjuang keras untuk itu,” lanjutnya.

Menurut Alfan, keluarga besarnya di kampung halaman, Ternate, nonton bareng laga Persebaya melawan PSS kemarin. Itu menjadi motivasi tambahan padanya.

Nah, dalam game selanjutnya, jika kembali diturunkan, Alfan akan menghadapi tim yang berasal dari kampung halamannya, Malut United. Namun, menurutnya itu tidak masalah. Alfan pemain pemain Persebaya, dan menegaskan akan memberikan yang terbaik untuk Persebaya.

”Saya baru sekali starter di Liga 1, ke depan harus berjuang lebih keras lagi, untuk membantu Persebaya meraih hasil maksimal,” kata Alfan. (*)

BERITA LAINNYA