Gilson Costa menjadi salah satu pemain dengan akurasi passing tertinggi di Persebaya saat ini, perannya sangat penting dalam membangun serangan Persebaya (Persebaya)

Semakin Solid, Gilson Yakin Lebih Baik Setelah Libur FIFA Matchday

Gelandang bertahan Persebaya Gilson Costa merasa belum puas dengan penampilannya di awal Liga 1 2024/ 2025. Namun, ia yakin bisa memenuhi ekpektasi klub maupun suporter ketika liga bergulir kembali pertengahan September mendatang.

Saat ini, Gilson seperti halnya pemain lain sedang menjalani libur bersamaan dengan agenda FIFA Matchday. Yaitu putaran ketiga kualfikasi zona Asia untuk Piala Dunia 2026 mendatang. Libur itu diberikan Coach paul Munster sejak Minggu lalu, setelah menang 2-1 atas Barito Putera pada Jumat, 23 Agustus lalu.

”Saya akan bekerja lebih keras lagi,” kata Gilson. ”Klub memberi saya kesempatan dan kepercayaan, saya tahu bahwa saya masih belum berada di level yang saya harapkan, tapi kami percaya proses, tiga pertandingan berjalan bagus, dan akan lebih baik” lanjutnya.

Aksi Gilson Costa ketika Persebaya menghadapi Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (Persebaya)

Gilson yang berasal dari Portugal baru musim ini berlaga di Liga Indonesia. Ia terbantu dengan keberadaan Falvio Silva, penyerang asal Portugal, yang sebelumnya pernah bersama dalam tim saat masih junior. Flavio yang sudah lebih dari setahun bermain di Indonesia, banyak membantunya untuk beradaptasi dan mengenali sepak bola di sini.

”Adaptasi berjalan dengan bagus, cuaca tidak masalah, pun adaptasi lainnya cukup lancar,” ucapnya.

Banyak yang beranggapan, Gilson tidak maksimal pada masa-masa preseason karena cuaca Surabaya yang panas. Suhu di atas 30 derajat celcius. Namun, hal itu menurut Gilson tidak masalah.

Gilson menceritakan bahwa dirinya pernah bermain sepakbola dalam cuaca yang sangat ekstrem, tak tanggung-tanggung lebih dari 40 derajat celcius. Itu terjadi ketika dia bermain dengan tim dari Lebanon, Nejmeh SC. Atau saat ia membela tim asal Oman, Al Nada.

”Saya hanya butuh waktu untuk menuju level permainan terbaik,” tegasnya.

Dalam tiga laga pertama Persebaya di Liga 1 2024/ 2025, Gilson selalu menjadi starter. Ia terbilang cukup vital di posisi gelandang bertahan. Intersepnya cukup tinggi, vital bagi Persebaya memutus serangan lawan.

Akurasi passing-nya juga salah satu yang tertinggi di klub. Membuat dia berperan besar dalam membangun serangan Bajol Ijo.

Setelah mendapatkan libur selama lima hari, skuad Persebaya akan kembali latihan besok sore. Coach Paul Munster akan mempersiapkan timnya menghadapi pertandingan terdekat melawan Persita pada 14 September nanti di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali. (*)

 

 

BERITA LAINNYA