Tim Medis Persebaya saat memberikan pertolongan pertama kepada Catur usai berbenturan (Persebaya)

Catur Mulai Latihan Ringan Didampingi Fisioterapis

Full back kanan Persebaya Catur Pamungkas mulai menjalani latihan penguatan. Ini adalah tahap awal dari proses pemulihan dari penguatan yang harus dia jalani karena mengalami cedera bahu kanan dalam pertandingan melawan Malut United pada 16 Agustus lalu.

Catur harus menjalani operasi karena cedera pada tulang bahu kanannya. Saat itu, sehari setelah pertandingan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, ia langsung menjalani operasi di sana. Saat rekan setimnya sudah pulang ke Surabaya, ia masih harus menjalani perawatan di sana beberapa hari.

Kini kondisi Catur sudah semakin kuat. Setelah menjalani beberapa pemeriksaan, dia sudah bisa memulai program pemulihan dan penguatan dengan pengawasan fisioterapis.

Alhamdulillah sudah lebih enak,” ucap Catur. ”Sekarang sudah mulai latihan penguatan biar nanti bisa kembali lebih cepat. Tangan kanan sudah bisa digerakkan namun terbatas. Untuk gerakan maksimal masih harus menunggu pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

Momen Catur Jatuh usai berduel dengan pemain Malut United, Yakob Sayuri dalam pertandingan melawan Malut United pada 16 Agustus lalu di Stadion Madya (Persebaya)

Selain memulai latihan penguatan untuk bahu kanannya, Catur juga berinisiatif berlatih dengan sepeda statis. Dengan begitu, kondisi lower body nya tidak terlalu mengalami penurunan.

”Itu inisiatif saya sendiri, menjaga kondisi secara maksimal karena saya absen cukup lama. Saya harus punya mental yang bagus agar dalam kondisi baik saat kembali ke lapangan nanti,” beber Catur.

Sementara itu, pelatih Persebaya Paul Munster mengatakan, Catur bisa memahami jika Catur harus absen beberapa saat. Seperti halnya saat Malik Risaldi mengalami cedera, tim pelatih Persebaya selalu menomorsatukan pemain kembali dalam kondisi 100 persen. Tidak memaksakan pemain tampil dalam kondisi tidak maksimal, karena hal itu berisiko pada cedera yang lebih parah dan lama pemulihannya.

Masih butuh waktu karena cederanya cukup sensitif, saya tidak bisa menghitungnya. Yang terpenting kita akan fokus memulihkan kondisinya karena sangat penting apabila dia kembali dalam kondisi 100 persen,” jelas Munster. (*)

 

 

 

BERITA LAINNYA