Tim medis mengecek kondisi fisik pemain Persebaya 2 Fedly Damara. (Persebaya)

Jelang Kompetisi EPA, 115 Pemain Jalani Tahap Pertama Tes Medis

Sebanyak 115 pemain Elite Youth Persebaya menjalani tes medis tahap pertama hari ini (15/9). Itu adalah salah satu persiapan menjelang bergulirnya kompetisi Elite Pro Academy 2024/2025 pada akhir September mendatang.

Pre-Competition Medical Assessment (PCMA), itulah tes medis yang dijalani. Pemain yang ikut tes tersebar dari Persebaya 2 hingga Persebaya 7. Tes dilakukan di Kantor Persebaya di Surabaya Town Square mulai pukul 07.00 WIB.

Setiap lima pemain secara bergilir menjalani pemeriksaan. Mulai dari tinggi badan, kadar lemak, dan screening riwayat cedera.

Kepala Persebaya Future Lab Ganesha Putera mengatakan, PCMA merupakan syarat utama sebuah tim sebelum menjalani kompetisi baru. Untuk tahap pertama dilakukan non laboratorium.

Menurutnya, seluruh rangkaian berjalan dengan lancar dan secara garis besar para pemain dalam kondisi baik. Namun masih menunggu cek lab di tahap kedua untuk mengetahui hasil lengkapnya.

“Kita lalukan untuk pemain muda sebagai syarat sebelum kompetisi dimulai, tahap kedua akan dilakukan pada pekan ini, secepatkan akan kita ketahui kondisi para pemain,” jelasnya.

Pemain Persebaya 2 Sheva Kardanu Setiawan saat menjalani tes medis. (Persebaya)

Dokter tim Persebaya dr. Abdul Jabbar Al Hayyan menambahkan, tes medis ini tidak terlepas dari rangkaian PCMA, tahap pertama dilakukan seputar medis dasar seperti wawancara perihal rekam mediknya, tiwayat cedera atau penyakit.

Menurutnya, setelah data didapat tim medis melakukan tindakan pemeriksaan fisik sebelum ketahap selanjutnya yakni elektrokardiogram.

“Kita lakukan cek bagaimana detak jantungnya, pernafasan paru-parunya. Setelah kita cek ada dua pemain yang bermasalah dengan jatungnya. Kita akan tangani supaya pemain bisa tampil optimal,” tandasnya.(*)

BERITA LAINNYA