Randy May mengawal ketat pergerakan pemain depan Persita Tangerang. (Persebaya)

Debut Berharga Randy Harson

Randy Harson Christian May tidak perlu menunggu waktu lama untuk menjalani debut bersama Persebaya di Liga 1. Pemain asal Papua itu mendapatkan kesempatan untuk main pada matchday 4 melawan Persita Sabtu lalu, 14 September 2024. Ia masuk pada menit ke-89 menggantikan Francisco Rivera.

Jika ditotal termasuk tambahan waktu, Randy bermain selama 10 menit. Meski singkat, perjuangan Randy bersama Slavko Damjanovic dan Kadek Raditya, sangat penting dalam mengamankan tiga poin. Saat itu, Persita memasukkan sejumlah pemain berkarakter menyerang. Paul Munster memasukkan Randy sebagai kontra strategi. Setidaknya, ada satu clearance yang dilakukan Randy.

”Di ujung laga saat itu, saya lihat tensi pertandingan begitu tinggi. Puji Tuhan kita clean sheet. Meski hanya bermain beberapa menit, saya memberikan yang terbaik,” jelas Randy.

Ketika mendapatkan panggilan untuk bersiap main, Randy sedang melakukan pemanasan di belakang gawang. Pelatih Paul Munster memang selalu menekankan seluruh pemain untuk bersiap, sewaktu-waktu dibutuhkan untuk main. Agar kondisi badan selalu siap, pemain cadangan pun bersiap di belakang gawang, bukan duduk di bangku cadangan.

Randy Harson berdoa sebelum memasuki lapangan pertandingan menggantikan Francisco Rivera. (Persebaya)

Randy jujur kaget dan sedikit gugup ketika mendapatkan panggilan untuk main. Situasi genting, pertandingan tersisa sedikit saja.

Rasanya kaget juga, sedikit gugup semua jadi satu. Tetapi pelatih bilang semua ini untuk tim, semua harus siap. Saya semakin percaya diri dan motivasi tinggi untuk bisa tampil lebih baik lagi,” tandasnya.

Secara khusus, Randy memberikan ucapan terima kasih kepada Coach Paul yang memberikan kepercayaan padanya untuk debut. Coach Paul pun memberikan apresiasi atas penampilan Randy dengan mengajaknya mewakili pemain untuk ikut konferensi pers. Hal yang cukup unik, karena biasanya pelatih akan mengajak pemain terbaik atau kapten saat konferensi pers.

Randy sendiri gabung Persebaya setelah menjalani serangkaian trial. Ia harus trial lebih dulu karena musim sebelumnya masih bermain di Liga 2. Yaitu bersama Persiba Balikpapan. Ketika itu ia mencatatkan 11 penampilan dengan 26 tekel, 38 intersep, dan 29 sapuan.

Bagi debutan Liga 1, main 10 menit adalah satu kesempatan yang luar biasa. Apalagi dilalui dengan baik. Akan memberikan kepercayaan diri bagi si pemain maupun pelatih.

Ayo kerja keras dan lebih baik lagi Randy. (*)

BERITA LAINNYA