Andhika Ramadhani saat menyelamatkan gawang Bajol Ijo dari kebobolan. (Persebaya)

Andhika Bukukan 7 Penyelamatan, Persebaya Pun Menang

Andhika Ramadhani tampil apik pada laga Persebaya menghadapi PSBS Biak malam ini, 22 September 2024. Penjaga gawang asli Suroboyo itu jatuh bangun mengamankan gawang Persebaya dari gempuran lini depan PSBS. Total, ia membukukan 7 penyelamatan, yang membuat gawang Persebaya clean sheet, gol babak pertama Flavio Silva pun bisa dipertahankan untuk membawa pulang tiga poin.

Cak Dhik, demikian Andhika akrab disapa, mengaku puas dengan penampilannya malam ini. Kerja keras dirinya beserta seluruh pemain Persebaya, terutama melawan keletihan, berbuah kemenangan.

Kemenangan itu menjadi kemenangan keempat beruntun Persebaya. Kemenangan kelima musim ini, plus sekali draw dari enam laga pertama Liga 1 2024/ 2025.

”Alhamdulillah. Kita mendapatkan hasil yang baik, tiga poin,” kata Andhika dalam sesi konferensi pers. ”Ini hasil yang luar biasa, mengingat kami sebenarnya sangat kecapekan, tidak sempat berlatih bahkan, setelah pertandingan lawan Persis besoknya recovery, besoknya lagi sudah terbang ke Bali, besoknya official training, lalu bertanding. Dan itu kami jalani sejak jeda FIFA Matchday berakhir, benar-benar melelahkan. Salut untuk perjuangan seluruh pemain, pelatih, dan official Persebaya,” imbuhnya.

Clean sheet malam ini menjadi nirbobol pertama Andhika musim ini. Debutnya musim ini pekan lalu, ia kemasukan satu gol, namun Persebaya tetap menang 2-1 melawan Persis. Total, sepanjang karirnya bersama Persebaya, Andhika membukukan 16 clean sheet.

Andhika menjadi pilihan utama dalam dua pertandingan terakhir karena Ernando Ari Sutaryadi sakit sehingga harus absen. Andhika yang diberi kepercayaan menjawab dengan baik.

Sebenarnya sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami di Persebaya, siapa pun yang main harus maksimal, yang penting Persebaya menang,” kata Andhika.

Pelatih kiper Persebaya Benny Van Breukelen memuji penampilan cemerlang Andhika. Pelatih berdarah Belanda itu sempat menghampiri Andhika ke tengah lapangan saat mendapatkan perawatan.

”Tadi saya yang meminta kepa tim medis bahwa saya ingin ikut melihat Dhika apakah dia bener bener cedera atau tidak. Saya ingin memastikan langsung ," ujar Benny.

Saat ikut memberikan pertolongan itulah, Benny memberikan semangat kepada Andhika. Ayo berjuang lagi, tinggal sedikit. Lebih fokus dan tambah semangat, karena pertandingan akan segera selesai, rekor clean sheet harus didapatkan.

”Alhamdulillah Andhika clean sheet,” tutup Benny. (*)

BERITA LAINNYA